DPO Kasus Korupsi Proyek irigasi Ditangkap Kejari

FlamboyanNews.Com, Bengkulu – Kejaksaan Negeri Bengkulu berhasil menangkap buronan daftar pencarian orang (DPO) atas nama M Ferry Al Chaidar di Bandara Fatmawati Sukarno saat yang bersangkutan pulang dari Provinsi Lampung. Sebelumnya, yang bersangkutan merupakan terpidana kasus korupsi proyek irigasi perumahan Puri Lestari tahun 2012 dengan nilai kerugian negara Rp 75 juta dan dijatuhi hukuman pidana 1 tahun 6 bulan dan denda Rp 60 juta dengan ketentuan apabila tidak dibayar denda tersebut, maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 bulan.

Putusan tersebut oleh Pengadilan Tinggi Bengkulu setelah Jaksa Penuntut Umum melakukan banding atas putusan Pengadilan Negeri Bengkulu ditingkat pertama. Terpidana kemudian melakukan kasasi ke Mahkamah Agung dan kasasi tersebut ditolak. Eksekusi yang bersangkutan berdasarkan putusan kasasi yang tertuang dalam Putusan Mahkamah Agung RI tertanggal 4 September 2015.

Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu Emilwan Ridwan mengatakan, dengan ditolaknya kasasi maka Putusan Mahkamah Agung telah bersifat ikrah atau berkekuatan hukum tetap.

“Ini DPO tahun 2012, karena sudah ada putusan MA yang menolak kasasi yang diajukan terpidana, maka berdasarkan putusan PN Bengkulu dilakukan eksukusi.