Gubernur Bengkulu Bagikan Alat Tangkap untuk Nelayan, Dorong Produktivitas dan Kesejahteraan

Flamboyannews.com, Bengkulu – Gubernur Bengkulu, Dr. Rohidin Mersyah, memberikan bantuan berharga kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan seProvinsi Bengkulu dalam upaya untuk mendorong produktivitas dan kesejahteraan para nelayan.

Acara ini berlangsung di halaman Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu, Senin (09/10/2023).

Baca Juga: Tol Bengkulu ā€“ Lubuklinggau Terancam Batal Dibangun, Gubernur Rohidin Mersyah Berharap Untuk Kelanjutan Proyek

Bantuan yang diberikan oleh Gubernur Rohidin berupa alat tangkap yang diharapkan akan memberikan semangat dan kemudahan kepada nelayan dalam melaut. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan, sehingga kesejahteraan mereka dapat meningkat.

Dalam sambutannya, Gubernur Rohidin mengungkapkan harapannya agar nelayan Bengkulu dapat lebih produktif dan menghasilkan tangkapan yang lebih banyak dan berkualitas.

Ia juga mengingatkan para nelayan agar tidak menjual atau memindahkan alat tangkap yang telah diberikan kepada mereka.

Gubernur Rohidin juga menyoroti pentingnya badan hukum formal bagi kelompok nelayan. Ini merupakan syarat mutlak agar program pemerintah dapat tersalurkan dengan baik, terutama untuk mendapatkan bantuan dari dana DAK.

Ia mendorong kelompok nelayan yang belum mendapatkan bantuan untuk segera melaporkan kepada DKP setempat atau mengajukan usulan agar mereka dapat segera dibantu.

Kadis DKP Provinsi Bengkulu, Syfriandi, S.T, M. Si, menegaskan bahwa pembagian alat tangkap tidak hanya tentang alat fisik, tetapi juga mengenai pemberian legalitas badan hukum kepada nelayan.

Hal ini menjadi langkah awal yang penting untuk mendapatkan bantuan dari dana DAK dan program pemerintah lainnya.

Baca Juga: Ketua DPD Projo Bengkulu, Prengki, S.E., Ungkap Rencana Rakernas Akhir Pekan Ini

“Bantuan ini memiliki dampak besar dengan dana sekitar Rp. 1,5 Milyar yang digelontorkan, yang diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan nelayan Bengkulu, ” Kata Kadis DKP.

Dengan semakin banyaknya kelompok nelayan yang memiliki badan hukum formal, bantuan dari pusat diharapkan akan semakin banyak datang untuk mendukung sektor perikanan lokal.

“Bantuan ini merupakan langkah positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan di Bengkulu dan memperkuat sektor perikanan regional, ” Tambah Kadis DKP.

Editor : Gina Rivaldo