Gunakan Motor, Wawali Tinjau OPD Bersihkan Pantai Panjang

FlamboyanNews.Com, Kota Bengkulu Dengan mengendarai sepeda motor, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi pantau aksi bersih yang dilakukan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu dititik-titik kavelingan kawasan pantai panjang yang menjadi tanggung jawab OPD masing-masing, Jumat (24/1/2020).

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mengatakan, aksi kebersihan ini sebagai bentuk kerja nyata usai pengambil alihan kawasan Pantai Panjang.

“Kegiatan kebersihan ini akan dilakukan rutin untuk menjaga kebersihan kawasan Pantai Panjang,” ucapnya. Ia mengimbau, agar seluruh OPD yang diberi kavelingan berkerjasama dengan para pedagang sekitar untuk menjaga kebersihan agar menjadi kawasan Pantai Panjang yang rapi, bersih, dan nyaman.

“Para pedagang harus kita bina agar taat peraturan. Salah satunya dengan meletakan sampah dagangan di bak sampah pinggir jalan supaya petugas pengangkut sampah tiap hari mengambilnya,” katanya.

“Nanti pedagang akan diingatkan untuk tidak menjual tuak dan melakukan prostitusi,” ujarnya. Ia menambahkan, untuk mewujudkan hal itu diminta kepada seluruh OPD untuk membelikan karung untuk pedagang. Setiap 1 pedangan diberikan 2 karung guna pengumpulan sampah agar sampah tidak berserakan.

“Tiap hari sampah harus diletakan di luar untuk memudahkan petugas kebersihan mengambilnya. Dan setiap pedangan harus didata agar tahu berapa pedagang yang akan diberikan karung nantinya,” sampainya.

“Apabila pedagang tidak mengikuti peraturan segerak tindak lanjuti,” tegasnya. Ia juga menambahkan, nantinya aksi ini akan dilakukan penilaian. Sesudah melakukan kebersihan akan dinilai dengan kategori kebersihan dan kerapian.

“Pemkot juga akan bekerjasama dengan pihak Hotel Horizon agar bisa turun maksimal kebersihan kawasan dibelakang hotel karena masih banyak semak belukar,” ujarnya.

“Untuk urusan pantai semua urusan Pemkot. Apabila terdapat masalah, segera laporkan ke Pemkot,” ungkapnya. Ia menyampaikan, menjaga kebersihan pantai sangatlah penting. Pantai yang nyaman akan memberi kesan indah dan menarik.

“Semakin indah suatu pantai, maka akan semakin ramai orang-orang yang akan mengunjungi pantai tersebut,” tuturnya.

“Pantai yang kotor akan merusak lingkungan sekitar. Bukan hanya tidak enak dipandang, tapi juga akan ikut mengganggu ekosistem kehidupan disekitarnya. Semoga langkah-langkah yang dilakukan pemkot ini membantu kita menjaga kebersihan dan kelestarian pantai,” pungkasnya.

Sumber : ( Media Center Kota Bengkulu )