Gusnan : UHC dan Pelayanan Kesehatan Berkualitas Hal Wajib di Bengkulu Selatan

Flamboyannews.com, Bengkulu Selatan – Universal Health Coverage (UHC) dan pelayanan kesehatan yang berkualitas di Bengkulu Selatan (BS) memang termasuk kedalam urusan yang diwajibkan bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) BS.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Gusnan Mulyadi secara virtual, saat mengikuti pertemuan tim forum kemitraan pemangku kepentingan program JKN BS bersama pihak BPJS kesehatan cabang Bengkulu yang digelar di Gedung Pola Bappeda Litbang, Kamis (2/6/22).

Selain dengan melibatkan mitra dari BPJS, peran serta dari BAZNAS sebagai pengelola dana zakat, infaq dan sadaqah umat bisa dijadikan sebagai suatu alternatif untuk alokasi pembiayaan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) BS Sukarni, bahwa urusan yang dikategorikan wajib termasuk didalamnya adalah pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemkab BS akan memaksimalkan alokasi anggaran untuk menjamin pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dirinya meminta BPJS sebagai mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar meningkatkan kualitas mutu pelayanan.

“Kesehatan adalah bentuk layanan paling mendasar kita kepada masyarakat, oleh sebab itu saya minta agar tidak ada pembeda terhadap layanan di Fasilitas Kesehatan antara yang menggunakan layanan BPJS dan Non BPJS,” tegas Sukarni.

“Tentunya kita semua ingin pelayanan kesehatan ini dilakukan dengan maksimal, semoga ini menjadi langkah menuju pelayanan kesehatan yang diharapkan masyarakat banyak,” tutup Sumitro saat ikut hadir dalam kegiatan tersebut. (Adv/Joko)