Pemerintahan Seluma, Membuka Acara Penguatan Kemitraan Kampung Keluarga Berkualitas

Flamboyannews.com, Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian SE diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra H Hendarsyah SIP MT membuka acara penguatan kemitraan kampung keluarga berkualitas di aula Bappeda Kabupaten Seluma, Selasa (18/10/2022).

Dalam sambutannya, Asisten I menyampaikan bahwa, Kampung keluarga berkualitas merupakan program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Oleh karena itu, Pemerintah daerah memberikan dukungan dalam pelaksanaan program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di kampung keluarga berkualitas ini.

“Selain itu juga, saya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu bersama dengan Dinas P3APPKB Kabupaten Seluma yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan ini sebagai langkah dan upaya kita bersama dalam mewujudkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat,” sampainya.

Dilanjutkannya, bahwa keluarga ideal  merupakan  perwujudan dari keluarga sejahtera, sakinah, mawaddah, warahmah serta saling berbagi kasih sayang  dan bersilaturahmi  baik antar sesama anggota keluarga maupun antara keluarga dengan keluarga lain dan masyarakat luas. Kondisi tersebut secara operasional dapat diindikasikan  dari seberapa jauh setiap keluarga dapat menjalankan 8 fungsi keluarga yaitu fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan sekaligus sebagai salah satu upaya dalam percepatan penurunan angka stunting khususnya di Kabupaten Seluma.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu Rusman Efendi yang diwakili Koordinator Bidang Pengendalian Penduduk, Novrina Rizky Idnal diantaranya menyampaikan, pada tanggal 12 Juli 2022 telah dilaksanakan peluncuran instruksi presiden nomor 3 tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas.

“Sehingga, Pemerintah Daerah agar melakukan langkah-langkah terkoordinasi dan terintegrasi sesuai dengan fungsi dan tugas masing-masing. Agar program ini dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Seluma, Herawati Erwin, Kepala Dinas P3APP-KB, perwakilan OPD dan undangan.

Editor : Riki Hermanto