Fakta Menarik Aragon

Flamboyannews.com – MotoGP sesi pekan depan (20-22/9) di Sirkuit Aragon, Spanyol.  Berikut fakta menarik sirkuit tersebut sejak masuk kalender Moto GP pada 2010. Dari mulai fakta soal Aragon yang galak kepada Valentino Rossi, hingga pembalap pertama yang menjadi pemenang balap Moto GP di sirkuit ini.

1. Sirkuit Aragon pertama kali menggelar balap Moto GP pada 2010. Itu membua Aragon menjadi sirkuit keenam di Spanyol yang pernah menjadi arena balap internasional selain sirkuit Jerez, Catalonia, Jarama, Montjuich, dan Valencia.

2.  Casey Stoner adalah pembalap yang pertama kali memenangkan balapan Moto GP di sirkuit Aragon. Stoner pula yang menjadi pembalap tersukses di Aragon dengan memenangkan balapan sebanyak dua kali.

3. Para pembalap Spanyol setidaknya telah memenangkan 13 kali balap Moto GP di sirkuit Negeri Matador. Pembalap non Spanyol terakhir yang memenangkan Moto GP di sirkuit Spanyol adalah Casey Stoner, tepatnya di sirkuit Jerez pada 2012.

4. Balapan Moto GP di Aragon tahun lalu merupakan balapan ke 800 dalam kelas utama dalam dunia balap internasional.

5. Aragon adalah satu dari dua sirkuit di musim ini di mana Valentino Rossi tak pernah meriah podium. Satu sirkuit lainnya yaitu sirkuit Austin di Amerika Serikat.

sumber : MotoGP