Bak Surga Tersembunyi di Bengkulu, Ini Sederet Potensi Wisata Yang Menjadi Incaran Para Wisatawan

Flamboyannews.com – Bengkulu adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatera ini memiliki sejarah yang luar biasa dan memiliki nilai warisan yang patut dilestarikan hingga saat ini.

Tempat – tempat yang ada di Bengkulu ini mendapatkan sorotan yang unik mulai dari peninggalan benteng yang dibangun pada saat zaman penjajahan belanda hingga menjadi tempat pengasingan Bung Karno semasa hidupnya.

Jika kita mengenal sosok Bung Karno secara keseluruhan, maka Bengkulu adalah tempat kelahiran istri Bapak Proklamator Indonesia, Hj. Fatmawati dan sekaligus Ibu dari Pemimpin PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri.

Kali ini kita akan membahas 5 tempat wisata yang ada di Bengkulu dan menjadi tempat tujuan untuk wisatawan lokal maupun asing saat menikmati waktu liburan bersama keluarga.

  1. Pantai Panjang

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara, dan Kecamatan Ratu Samban ini memiliki panjang mencapai 7 km dan menjadi salah satu Pantai terpanjang di Indonesia.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga pengunjung bisa bermain di sepanjang pinggir pantai.

Saat air mulai surut pantai ini bisa melebar sampai 500 meter dan hamparan pasir putih membuat terlihat semakin luas.

Selain ombak yang tenang, Pantai ini menawarkan keindahan pemandangan pohon cemara dan pinus.

Kedua pohon ini sering dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan beristirahat sehingga bisa menikmati pemandangan yang takjub.

Baca Juga : Besok, Jokowi Dikabarkan Lantik Budi Arie Setiadi Jadi Menkominfo

  1. Danau Dendam Tak Sudah

Danau ini berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati tidak hanya pemandangan indah, tetapi memiliki legenda yang melekat dengan danau yang menarik perhatian wisata.

Danau ini terbentuk dari aktivitas gunung berapi di daerah tersebut. Pada tahun 1936 Danau tersebut sudah ditetapkan sebagai cagar budaya alam oleh pemerintah Hindia Belanda saat itu.

Dengan keindahan yang disajikan, Danau Dendam Tak Sudah menjadi salah satu tempat yang paling banyak diminati para wisatawan.

Berbagai fasilitas, seperti tempat duduk pun telah disediakan oleh pengelola.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati danau yang tenang, refleksi langit yang biru langsung terpantul dengan jelas di atas air menjadikan Danau Dendam Tak Sudah sebagai cerminan yang besar.

  1. Museum Bung Karno

Museum ini adalah peninggalan bersejarah yang patut dikunjungi, karena tempat ini adalah salah satu tempat pengasingan Bung Karno pada masa Penjajahan belanda, selama pengasingan ini Bung Karno bertemu dengan pujaan hatinya, Ibu Fatmawati.

Rumah kediaman Bung Karno selama pengasingan itu, bisa kamu kunjungi di sebagai objek wisata museum.

Di dalam tempat wisata ini ada beberapa benda peninggalan Soekarno dan keluarganya selama di Bengkulu, mulai dari Foto – Foto lawas, hingga ranjang besi milik Soekarno dan Keluarganya.

Tempat ini mengingatkan akan saksi Bung Karno bersama Keluarganya dalam perjuangan untuk membebaskan Indonesia dari zaman Penjajahan, sehingga Museum ini adalah warisan penting yang dimiliki Indonesia saat ini

  1. Fort Marlborough

Baca Juga : Dalam Rangka Car Free Day, Yayasan YJI Rejang Lebong Adakan Senam Jantung Sehat

Benteng yang terletak di Kampung Cina ini merupakan saksi sejarah penting bahwa Inggris pernah menjajah di Kota Bengkulu pada tahun 1685 – 1825.

Benteng Marlborough ini masih berdiri kokoh sampai saat ini. Kekokohan benteng sudah teruji ketika Gempa Bumi dan Tsunami pernah menghantam di Wilayah ini.

Lantas Benteng ini merupakan salah satu benteng yang paling tangguh milik Inggris di Asia Tenggara pada masa penjajahan.

Keunikan dari Benteng ini terletak pada desainnya yang menyerupai bentuk kura-kura dengan bagian belakang dan menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Anda bisa merasakan pengalaman yang tak terlupakan saat melihat desain benteng yang mengingatkan kita pada zaman penjajahan.

Benteng ini sering menjadi tempat yang tepat untuk berfoto bersama dan latar benteng yang klasik membuat foto terlihat lebih keren.

  1. Kebun Teh Kabawetan

Baca Juga : Polsek Sindang Kelingi Giat Razia Rutin, Sasar Masyarakat Yang Membawa Senpi atau Sajam

Kebun Teh ini berlokasi di Kepahiang memiliki nuansa pemandangan hijau yang indah sehingga menjadi salah satu Tempat Wisata untuk menikmati hamparan hijau kebun teh yang asri dan Pohon – Pohon sengon yang berbaris rapi di pinggiran Kebun Teh.

Kita bisa melihat Bukit Kaba Tinggi dari kejauhan sehingga menjadi salah satu latar belakang yang tidak kalah indahnya dibanding Tempat Wisata lain.

Di sini kita bisa membeli aneka oleh-oleh khas Bengkulu yang dijual oleh deretan kios di pintu masuk area Kebun Teh tersebut, Seperti di Lansir dari Halaman harianhaluan.com

Itu tadi adalah Tempat Wisata di Bengkulu yang perlu kalian kunjungi saat menikmati waktu liburan baik di Akhir Pekan maupun Tahun Baru, tentu ini menjadi daya tarik wisata baik Lokal maupun Mancanegara.

Editor : Gina Rivaldo