Ganguan Jiwa Pada Lansia, RSKJ Soeprapto Bengkulu Instalasi Keswa, Menyampaikan Beberapa Materi

Flamboyannews.com, Bengkulu – Instalasi Keswa dalam kegiatan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS),Rumah Sakit Khusus Jiwa (RSKJ) Soeprapto Bengkulu laksankan program Edukasi kesehatan dengan tema “Gangguan Jiwa pada Lansia” pada Senin (28/11/2022).

Pinta Pandia, SKM, sebagai pemberi edukasi adalah Penyuluh Kesehatan Masyarakat staf Instalasi Keswa, menyampaikan beberapa materi.

Promosi kesehatan ini disampaikan dengan tujuan, agar kita ataupun keluarga memahami tanda gejala gangguan jiwa pada lansia agar dapat melakukan penanganan terhadap hal tersebut dan melakukan upaya pendekatan kepada lansia yang berpotensi mengalami gangguan jiwa.

Gangguan jiwa yang kerap ditemukan pada kelompok usia ini adalah demensia dan depresi. Selain gangguan tersebut, gangguan lain yang juga ditemui adalah gangguan cemas, obsesif kompulsif, fobia dan stres pasca trauma.

Salah satu masalah dalam deteksi dan penanganan gangguan jiwa pada lansia adalah, kerap kali lansia lebih mengeluhkan gejala fisik daripada gejala kejiwaannya. Masalah fisik dan stres emosional yang lazim ditemui saat proses penuaan dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan jiwa seperti depresi dan cemas.

Jangan ragu mencari bantuan bila anda atau keluarga memiliki memiliki gejala gangguan jiwa pada usia lansia, Anda dapat pergi ke dokter keluarga, Puskesmas atau RSKJ Soeprapto Bengkulu, Salam sehat jiwa, terang Pinta Pandia, SKM.(ADV)