Pemkab Gelar Lomba Desa Tingkat Kabupaten

flamboyannews.com – Rejang Lebong, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong, Rabu (27/3) pagi, melaksanakan penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019, di Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong.

Lomba ini dihadiri tim penilaian yakni dari Dinas PMD, Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Tim Penggerak PKK Rejang Lebong, Polres dan TNI.

Plt Kasubbid profil Desa dan lomba Desa, Yani S.Sos mengatakan, lomba ini merupakan program dari Dinas PMD dan dilaksanakan setiap tahun. Lomba ini, kata Yani, diikuti oleh 15 Kecamatan di Kabupaten Rejang Lebong.

Tidak seluruh Desa/Kelurahan di 15 Kecamatan yang dinilai, tetapi, jelas Yeni, hanya satu Desa/Kelurahan yang dinilai. Desa/Kelurahan tersebut merupakan rekomendasi dari pihak kecamatan.

“Ada beberapa aspek penilaian yang kita lakukan, mulai dari sistem pemerintahan, kemudian kesehatan Desa tersebut, dan program dari Tim Penggerak PKK di Desa itu,” jelas Yani.

Yani mengungkapkan, tujuan dari dilaksanakannya lomba Desa ini adalah untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat, sekaligus melakukan penelitian dan menilai keberhasilan usaha masyarakat dalam membangun Desa selama satu tahun ini.

“Dengan harapan desa dan kelurahan bisa meningkatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada dikabupaten Rejang Lebong,” tutupnya Kepada MCRL, diruang aula balai desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang.