Rita Doveriyanti, SST, M. Kes Kepala Poli RSKJ Bengkulu, ini 10 Cara Tepat Terapi Anak Autis Di Rumah Agar Mandiri

Flamboyannews.com, Bengkulu –  Anak berkebutuhan khusus bukanlah sebuah aib, tapi sebuah Anugrah dari tuhan, sehingga membuat dia menjadi anak yang istimewa, Rita Doveriyanti, SST, M.Kes Kepala Poli Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Center Rumah Sakit Khusus Kejiwaan (RSKJ) Soeprapto Bengkulu, berikut penjelasan Rita, mengenai 10 cara memberikan terapi pada anak autis dirumah. (5/12/2022)

Memberikan terapis pada anak (ABK), tujuannya adalah untuk memperbaiki bagaimana anak bisa melakukan aktivitas sosial, melakukan keterampilan secara mandiri dan juga meningkatkan kemampuan komunikasi anak baik secara verbal atau pun non verbal, berikut 10 cara memberikan trapis pada ABK meski dirumah aja.

1. Melatih anak disiplin dengan membuat aturan, membuat sebuah aturan yang harus dipatuhi baik anak maupun orang tua yang akan membimbingnya.

2. Latihlah anak untuk bisa berkonsentrasi
Jangan mengajari untuk berkonsentrasi terlalu berat, Anda bisa mulai dengan yang sederhana terlebih dahulu. Misalnya saat Anda sedang membersihkan sesuatu, ajak anak untuk ikut serta.

3. Memberikan pujian pada anak
Memberikannya pujian Jika yang dilakukannya positif.

4. Melatih anak untuk bisa bertanggung jawab, Pada poin ini masih sangat berhubungan dengan poin pertama.

5. Melatih anak dengan memberikan permainan Anda bisa coba memberikannya permainan sederhana yang menitik beratkan pada strategi berpikir seperti permainan jenis puzzle.

6. Membantu anak untuk mengenal dunia luar Jangan biarkan anak autis menjadi sangat pendiam dan pemalu. Ajak anak rekreasi dll.

7. Mengajarkan kosa kata menggunakan cerita.

8. Ajarkanlah bagaimana harus bekerjasama, Anak autis kebanyakan akan sulit untuk melakukan organisir pada suatu hal, misalnya saat Anda akan membereskan tempat tidur, ajaklah anak untuk berbagi tugas walaupun kecil dan sedikit.

9. Ajarkan anak mengenal simbol,
Jika anak sudah benar-benar harus bersosialisasi dengan dunia luar, Anda harus mengenalkan anak beberapa simbol penting seperti simbol zebra cross dan yang lainnya.

10. Melatih anak utuk mengenal rangsangan
Dalam istilah medis terapi ini dinamakan floortime yang akan memfokuskan anak pada perkembangan emosi dan juga sosialnya.misalnya rangsangan seperti cahaya, setuhan, dan juga melatih indera pengecap. (ADV)

Reporter : WL
Editor : Riki Hermanto