Bengkulu Selatan Jadi Juara II Penanganan Stunting

Flamboyannews.com, Bengkulu Selatan – Wakil Bupati Bengkulu Selatan, Rifai Tajuddin yang sekaligus adalah Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Bengkulu Selatan menerima penghargaan juara II penanganan stunting, Rabu (1/6/22).

“Banyak cara yang sudah kita lakukan. Diantaranya adalah dengan melaksanakan Program Paten Terpadu, SILUKAN (Selalu Makan Ikan), Kios Sekundang, JSPS (Jemput Sakit Pulang Sehat), Bujian Dusun, Gentayangan dan Budikang. Semoga pada tahun 2030 Stunting yang ada di Bengkulu Selatan bisa zero,” ujar Rifai Tajuddin.

Peran serta pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dalam percepatan penurunan angka statistik kekerdilan pada anak ini adalah dengan kolaborasi dan sinergitas dari semua stakeholder terkait program dan kegiatan dalam upaya pemberantasan stunting di Bumi Sekundang Setungguan.

Walaupun Bengkulu Selatan mendapatkan juara II dalam penanganan stunting, diharapkan kekompakan seluruh OPD dalam pencegahan stunting harus tetap berlanjut.

Apalagi saat ini pihaknya sudah mengimbau seluruh Pemerintah Desa untuk menganggarkan dalam pencegahan stunting.

“Bukan itu saja, kita sudah memfasilitasi Pemerintah Desa dengan menyediakan perawat dan bidan desa yang nantinya diharapkan mereka bisa melakukan sosialisasi kepada Pasangan Suami Istri (Pasutri). Terkhusus untuk calon ibu untuk tetap menjaga kesehatan ibu dan anaknya. Mulai dari kandungan sampai melahirkan dan 1000 hari kehidupan,” pungkas Rifai. (Adv/Joko)