Mei 2022, TV Analog Akan Bermigrasi ke TV Digital

Mei 2022, TV Analog Akan Bermigrasi ke TV Digital

FlamboyanNews.Com, Bengkulu – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Kominfosan) Kota Bengkulu diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Nugroho Tri Putra menghadiri kegiatan seminar Literasi Sejuta Pemirsa dengan mengusung tema “Milenial Bincang Tentang Siaran Berkualitas” yang diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Bengkulu, di Hotel Nala Sea Side, Selasa (8/6/2021).

Dikesempatan itu, I Gusti Triastiti selaku Ketua Panitia Seminar menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan Gerakan Literasi Sejuta Pemirsa ialah untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam kecakapan bermedia, sehingga para milenial dan masyarakat bisa mengakses sesuai usia.

Sementara itu, Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Nuning Rodia ketika diwawancarai mengatakan bahwa pemerintah mendorong seluruh stakeholder untuk mempersiapkan infrastruktur TV digital disetiap wilayah sehingga seluruh masyarakat dapat beranjak menggunakannya.

Kemudian, pemerintah akan giat mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Migrasi Televisi Analog ke Televisi Digital, karena pada bulan Mei 2022 sebanyak 728 TV analog se-Indonesia harus berpindah ke saluran TV digital.

“Sosialisasikan ini harus gencar dilakukan kepada masyarakat, dengan tujuan masyarakat nanti tidak terkejut dan siap untuk menuju Televisi digital. Kemudian untuk industri penyiaran apabila tidak bergeser ke siaran digital maka industri akan ketinggalan dan siarannya tidak bisa dilihat lagi. Maka dari itu, mari kita bergerak bersama untuk menuju siaran digital pada era kemajuan teknologi,” ujar Nuning.

Tambah Nuning, untuk Set top box akan dipasarkan dengan harga yang bermacam-macam.

“Untuk harga set top box akan bervariasi, karena ini bicara harga di pasar. Jadi selaku regulator penyiaran tidak bisa menentukan harga di pasaran, harapan kami harga di pasaran bisa terjangkau oleh masyarakat,” tambahnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang digelar selama dua hari ini dihadiri peserta perwakilan mahasiswa dari Universitas Negeri dan Swasta di Kota Bengkulu serta Perwakilan Organisasi Perempuan Bengkulu. Sebagai narasumber ialah Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Nuning Rodia, Perwakilan Dinas Kominfotik Provinsi Bengkulu Indra Veni serta Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Usin Abdisyah Putra Sembiring.

Sumber : Mc