Pembangunan Kembali Jembatan Desa Pondok Lunang Mendapat Bantuan BNPB

Flamboyannews.com, Mukomuko – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Mukomuko untuk membangun kembali jembatan di Desa Pondok Lunang, Kecamatan Air Dikit, yang mengalami bencana pada Februari 2022. Pembangunan jembatan tersebut dijadwalkan dimulai pada tahun 2024 ini.

Bupati Mukomuko, H. Sapuan, menyampaikan bahwa pihaknya telah berusaha maksimal untuk mendapatkan anggaran pembangunan jembatan tersebut dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Pembangunan Infrastruktur Jalan dengan Dana Bagi Hasil Sawit Dorong Kemajuan Mukomuko

Meskipun perjuangannya tidak mudah, namun hasilnya telah menunjukkan titik terang. Dana pembangunan jembatan tersebut diharapkan dapat direalisasikan pada tahun 2024 berkat dukungan dan sumber dana dari pusat.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko menyadari bahwa percepatan pembangunan di daerah tersebut sangat bergantung pada bantuan dari pemerintah pusat. Bupati Sapuan mengungkapkan bahwa mengandalkan Dana Alokasi Umum (DAU) atau anggaran daerah saja tidak akan cukup untuk mengakselerasi pembangunan.

Oleh karena itu, bantuan dari pemerintah pusat sangat diperlukan, terutama untuk pembangunan infrastruktur yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, seperti jembatan di Desa Pondok Lunang.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi, menjelaskan bahwa pembangunan jembatan Pondok Lunang akan menggunakan skema dana hibah rehabilitasi dan rekonstruksi dari BNPB.

Baca Juga: Dana Bagi Hasil Sawit Rp30 Miliar Dialokasikan untuk Perbaikan Infrastruktur Jalan di Mukomuko

Usulan daerah untuk pembangunan jembatan tersebut telah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, dan pembangunan direncanakan dilaksanakan pada tahun 2024.

Proses administratif untuk mendapatkan dana hibah BNPB sudah terpenuhi, dan saat ini daerah sedang menyiapkan perencanaan terkait bentuk bangunan dan kebutuhan pembiayaan untuk pembangunan jembatan. Jembatan Pondok Lunang yang akan dibangun akan memiliki rangka beton dengan panjang sekitar 70 meter dan lebar sekitar 4,5 meter.

Dengan adanya bantuan dari BNPB, diharapkan pembangunan kembali jembatan di Desa Pondok Lunang dapat segera direalisasikan, sehingga dapat memperlancar akses transportasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Reporter : Suprayogi
Editor : Gina Rivaldo