Pemerintah dan Kepolisian Gelar Rakor Lintas Sektoral Menjelang Lebaran Idul Fitri di Bengkulu

Flamboyannews.com, Bengkulu – Pemerintah Provinsi Bengkulu, bersama Kepolisian Daerah Bengkulu dan stakeholder terkait, menggelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Nala-2024 untuk memastikan perayaan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 berjalan dengan aman dan lancar.

Rakor ini dilangsungkan di Aula Rupatama Awaloeding Djamin Mapolda Bengkulu pada Kamis, 28 Maret 2024.

Baca Juga: Kasus DBD Meningkat Drastis di Kota Bengkulu, Dinkes Imbau Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Drs. Khairil Anwar, M.Si, menyampaikan beberapa aspek penting yang harus diperhatikan untuk memastikan kesuksesan pelaksanaan perayaan Lebaran.

Pertama, adalah memastikan masyarakat dapat beribadah dengan tenang dan khusuk, terutama umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa hingga pelaksanaan Idul Fitri. Selanjutnya, menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga pangan, serta memastikan kesiapan infrastruktur dan sarana prasarana untuk mendukung pelaksanaan lebaran.

Khairil menekankan pentingnya koordinasi antar sektor untuk menghadapi lonjakan arus mudik dan arus balik lebaran. Selain itu, optimalisasi pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian utama, terutama pada kawasan yang dilewati jalur mudik.

Baca Juga: Polsek Semidang Alas Maras Berbagi Berkah Ramadan dengan Anak Yatim dan Fakir Miskin

Wakapolda Bengkulu, Brigjen Pol Agus Salim, melalui Karo Ops Polda Bengkulu, Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo, menjelaskan keterlibatan 2.136 personel untuk pengamanan Idul Fitri 1445 Hijriah, melibatkan personel dari kepolisian, TNI, dan berbagai instansi terkait.

Dengan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bengkulu, kepolisian, dan stakeholder terkait lainnya, diharapkan perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 H dapat berlangsung dengan aman, lancar, dan penuh keberkahan bagi seluruh masyarakat Bengkulu.

Reporter : Deni
Editor : Gina Rivaldo