Ramah Tamah Kejati Bengkulu dengan Pemkab Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengharapkan ada sinergitas antara pemerintah daerah dengan pihak kejaksaan. Terutama dalam pelaksanaan program strategis pembangunan, yaitu fungsi pendampingan dan pengawalan.

Juga agar program pembangunan dapat berjalan maksimal dan tidak bermasalah secara hukum serta berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Ramah Tamah Kejati Bengkulu dengan Pemkab Bengkulu Selatan
Ramah Tamah Kejati Bengkulu dengan Pemkab Bengkulu Selatan

Pernyataan ini disampaikan dalam acara malam ramah tamah Kejati Bengkulu dengan Pemkab BS, Senin (6/6/22).

“Kami harap komunikasi dan kerjasama yang baik selama ini antara Pemkab BS dan Kejati Bengkulu terus dipertahankan. Sehingga, segala program pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya,” kata Gusnan.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu, Dr. Heri Jerman, MH dalam sambutanya menyampaikan banyak hal terkait peran dan fungsi lembaga yang dipimpinya.

Bahkan dalam kesempatan tersebut, Kejati Bengkulu juga membahas terkait anggaran yang dikucurkan pemerintah pusat untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sejak pandemic Covid-19.

Menurut Kejati, program pemulihan ekonomi secara nasional sejak pandemi Covid-19 melanda telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar dari pusat sampai ke daerah.

Untuk itu, dana yang besar ini tentunya juga harus senantiasa di kawal agar terserap dan tersalurkan dengan baik. Pada fungsi pengawalan inilah kejaksaan mengambil peran agar tidak ada penyalahgunaan dan penyelewengan oleh pihak-pihak yang mengelola dana tersebut.

“Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 telah memberikan penguatan terhadap tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) kejaksaan. Kehadiran kejaksaan di daerah baik pada tingkat kejaksaan tinggi dan kejaksaan negeri agar bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Kami juga memiliki Tupoksi dalam melakukan pendampingan dan pengawalan terhadap pelaksanaan program-program pembangunan agar bisa berjalan dengan baik” terangnya. (Adv/Joko)