Kebakaran Lahan di Ampar Gading Seluma, Peringatan Kekeringan dan Bahaya Puntung Rokok

Flamboyannews.com, Seluma – Sebuah peristiwa kebakaran lahan yang menghanguskan area kosong di belakang Tugu Patung Kuda di Ampar Gading Kelurahan Lubuk Lintang, Kecamatan Seluma Kota pada Selasa (03/10/2023) sore telah menjadi sorotan utama di wilayah Kabupaten Seluma.

Kobaran api cepat meluas di lahan yang ditumbuhi ilalang kering, mengancam lingkungan sekitar dan mengundang kekhawatiran bagi warga setempat.

Baca Juga: Kecelakaan Truk Kontainer di Rejang Lebong, Gudang Sayur Hancur Satu Nyawa Melayang

Kebakaran ini pertama kali terlihat dari belakang patung kuda dan segera mencuri perhatian para remaja yang baru saja pulang dari sekolah.

Tomi, salah seorang saksi mata, menggambarkan bahwa api dengan cepat membesar dan menjalar ke kolam di sekitar patung kuda.

“Upaya pemadaman dilakukan oleh anggota Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dengan menurunkan unit mobil Damkar ke lokasi, “jelas Tomi.

Penyebab pasti kebakaran belum dapat dipastikan, “namun dugaan kuat mengarah kepada puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh oknum yang berada di sekitar Tugu Patung Kuda, ” tamba Tomi.

Wakil Bupati Seluma, Drs Gustianto, mengklarifikasi bahwa peristiwa ini tidak disengaja, terutama dalam konteks kondisi kekeringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah tersebut.

Baca Juga: Peringatan Ke-47 Hari Jadi Pemindahan Kota Kabupaten Bengkulu Utara Dirayakan dengan Megah

Mengambil pelajaran dari musibah ini, Wakil Bupati Seluma menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa berwaspada terhadap risiko kebakaran.

“janganlah membuang puntung rokok sembarangan dan hindari melakukan pembakaran lahan, terutama di musim kemarau yang sangat rawan kebakaran, “pesan Wakil Bupati.

Kehati-hatian dan kesadaran kolektif masyarakat diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya peristiwa serupa di masa yang akan datang. “Ayo, jaga keamanan lingkungan bersama-sama, “tegas Wakil Bupati.

Editor : Gina Rivaldo