Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-115, BKKBN Bengkulu Gelar Upacara Bendera

Flamboyannews.com, Bengkulu – Peringatan Harkitnas ke 115 tahun ini berlangsung di halaman kantor BKKBN, hadir sebagai pembina upacara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Bengkulu M.Iqbal Apriansyah, diperingatinya hari bersejarah itu ia menyebutkan sebagai upaya memperkuat kembali barisan perjuangan bagi generasi muda sebagai penerus pembangunan.

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional yang melibatkan sejumlah karyawan dan karyawati di lingkup BKKBN Bengkulu, pada Senin, (22/05/2023)

Baca Juga : Bupati Erwin Hadiri Ritual Adat Festival Nasi Jabar Dirangkaian HUT Seluma

Organisasi Budi Utomo itu didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Budi Utomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan.

Sejarah latar belakang peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tanggal 20 Mei tak lepas dari berdirinya organisasi Boedi Oetomo atau Budi Utomo. Mengutip dari Kemdikbud, Budi Utomo merupakan organisasi pemuda yang dicetuskan pada 20 Mei 1908 silam.

Baca Juga : Pemprov Bengkulu Dorong Petani Milenial Siap Kolaborasi Garap Sektor Pertanian

“Budi Oetomo berdiri untuk mendorong bangsa Indonesia mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain dimasa itu. Disamping itu, BudiMOetomo juga melandaskan dirinya untuk mengejar tiga tujuan yang menjadi cita-cita utama kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangasa serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia”.

“Tahun ini, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-115. Pada tahun ini, “Ayo Bangkit Bersama” menjadi tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional, sebut Iqbal menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kominfo RI.

Baca Juga : Kapolda Bengkulu Pimpin Rakor Bahas Kesiapan Turnamen Voli Bertema Kapolda Cup

Hari kebangkitan nasional ini juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama. Kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, pers dan komunitas seluruh elemen bangsa saling bahu membahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik aspek kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun, sebutnya.

Dengan berbagai kebangkitan tersebut tentu kita berharap agar capaian tersebut dapat dipertahankan dan terus ditingktkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Hari kebangkitan nasional ini juga dapat kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan atau bahkan pelajaran yang didapat dari perjuangan bangsa”.

Penulis : Idris Chalik
Editor : Gina RIvaldo
Sumber : bengkulu.bkkbn.go.id