Pilkades Serentak di Kabupaten Kaur, 26 Cakades Komitmen pada Deklarasi Damai

Flamboyannews.com, Kaur – Sebanyak 26 calon kepala desa (cakades) akan mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 11 desa Kabupaten Kaur, yang dijadwalkan akan berlangsung pada 22 Oktober 2023.

Sebagai komitmen untuk menjalani Pilkades dengan tertib, aman, dan damai, para cakades telah mengikuti deklarasi damai yang diselenggarakan di wilayah hukum Polsek masing-masing.

Baca Juga: Mendagri Tito Karnavian Janjikan Evaluasi Rutin untuk Penjabat Kepala Daerah

“Semua cakades sudah mengikuti deklarasi damai bersama polsek di wilayah hukum masing-masing. Intinya, para kandidat berjanji dan berkomitmen untuk mengikuti pilkades secara tertib, aman, dan damai, serta tetap menjaga kondusifitas desa masing-masing. Komitmen ini sangat kami dukung dan akan kita buktikan saat pelaksanaan pilkades nanti,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kaur, Asdyarman, S.Sos, melalui Kabid Bina Desa dan Kelurahan, Mulyanto Sumardi, MAP.

Para cakades juga diimbau untuk menjadikan Pilkades sebagai upaya pemersatu perbedaan dan memilih pemimpin yang tepat, bukan ajang permusuhan. Deklarasi damai bertujuan untuk menjaga situasi yang aman selama proses Pilkades. Setiap calon dan pendukung diingatkan untuk siap menerima kemenangan ataupun kekalahan.

Sementara itu, fokus utama evaluasi peningkatan kinerja selama masa jabatan Pj Walikota adalah penanganan kasus stunting dan pengendalian inflasi. Salah satu contoh perhatian utama adalah upaya penurunan jumlah anak stunting di daerah setelah kunjungan ke Puskesmas Sawah Lebar.

Indikator lain yang menjadi fokus penilaian termasuk kepemimpinan dalam pelaksanaan urusan pemerintahan di bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan pelayanan publik.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Kakek Tamrin, Kehidupan yang Penuh Perjuangan

Evaluasi ini akan menjadi pedoman untuk memastikan Pilkades dilaksanakan dengan baik dan mewujudkan pendidikan berkualitas sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan.

Dengan semangat untuk menjalani pilkades secara tertib, aman, dan damai, para cakades memastikan bahwa Pilkades di Kabupaten Kaur akan berjalan sesuai dengan prosedur yang berlaku dan mendorong terciptanya keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan kepala desa.

Editor : Gina Rivaldo