Wakil Bupati Seluma, Menerima Bantuan Benih Bibit Diserahkan Lansung Dirjen HKPRI

Flamboyannews.com, Seluma – Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto menerima secara simbolis bantuan benih bibit pisang barangan yang di serahkan langsung oleh Dirjen Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Dr. Inti Partiwi Naswari, S.SP, M.Si, di Desa Talang Kabu Kecamatan Ilir Talo. Rabu (15/03/2023).

Baca Juga : Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, Pemkab Bengkulu Utara Terima Kunker Asisten Deputi

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten Perekonomian dan Pembangunan Almedian Saleh, SKM, ME, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial, SP, M.Si, Kabid Horti DPTPH Bengkulu, Kepala BSIP Bengkulu, Polsek  Talo, Danramil Talo, Camat, PPL serta Kepala Desa.

Baca Juga : Badan Kontak Majelis Taklim Resmi Melantik Pengurus Baru BKMT Bengkulu Utara

Disampaikan Dirjen Perbenihan dan Holtikultura Kementerian Pertanian RI Inti Partiwi Naswari bahwa pihaknya menawarkan pendirian laboratorium khusus pengelolaan pisang barangan.

“Kami akan membantu membuat laboratorium jaringan untuk memperbanyak bibit pisang, karena pisang ini punya prospek yang cukup besar sehingga jika Kabupaten Seluma bisa berhasil, maka akan menjadi sentra produksi pisang mengalahkan lampung, “Ujarnya.

Penyerahan bibit ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari permohonan Pemerintah Kabupaten Seluma yang sebelumnya telah berkunjung ke Jakarta dalam rangka audiensi dan permohon bantuan pisang barangan.

Baca Juga : Musrembang RKPD Tahun 2024, Ini Fokus Wakil Bupati Bengkulu Utara

“Kami sangat apresiasi dengan semangat Bapak Bupati yang menyampaikan bahwa di Kabupaten Seluma akan dijadikan sentra pisang barangan di Provinsi Bengkulu, “Lanjutnya.

Wakil Bupati Seluma menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Pertanian terutama kepada Direktorat Perbenihan Hortikultura yang telah memberikan bantuan dan bersedia hadir serta menanam pisang bersama.

“Ini menjadi cambuk penyemangat kami agar bisa mewujudkan rencana Seluma sentra pisang, setelah penanaman pisang ini berhasil, maka sesuai dengan petunjuk ibu direktur, kami akan mengusulkan kembali laboratorium untuk perbenihan pisang, “Ujar Wakil Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Arian Sosial menyampaikan pihaknya akan mendampingi dan memonitor serta melaporkan program kegiatan penanaman pisang barangan, cavendis dan kepok sebanyak 50.000 batang yang tersebar di wilayah Kabupaten Seluma.

“Bantuan diserahkan secara bertahap dan direncanakan ada 3 varietas bibit pisang, yaitu barangan, cavendis dan kepok. Tahap Pertama sebanyak 5.500 batang untuk dibagikan dan ditanam di wilayah Kecamatan Talo dan Ilir Talo, “Ujar Arian Sosial.

“Bantuan akan diserahterimakan kepada 5 Gapoktan untuk disebarluaskan kepada masyarakat guna menambah pendapatan dan meningkatkan kesejahteraan serta mencukupi gizi masyarakat Kabupaten Seluma, “Lanjutnya. (DN)